Minggu, 21 April 2013

Tips Melamar Pekerjaan Secara Online via Email


Melamar pekerjaan melalui internet ada kiatnya tersendiri. Berbeda dengan melamar kerja secara offline atau langsung mendatangi persahaan baik swasta maupun negeri, dari situ pihak perusahaan sudah mulai menilai pelamar mulai dari cara melamarnya. Dari CV-nya, surat lamarannya dan cara mengantarnya. Perusahaan memiliki HRD yang didalamnya adalah pakar psikolog yang berpengalaman menganalisis calon karyawan.
Begitu juga ketika melamar online dari banyaknya kita akan diperhatikan, nah berikut ini beberapa hal yang harus anda tahu mengenai seluk belum melamar pekerjaan secara online dan bagaimana cara mengirim CV melalui email.
Mengirim CV melalui e-mail adalah hal yang sudah sangat lazim dilakukan di masa sekarang ini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melamar pekerjaan melalui internet adalah:
Alamat e-mail Anda
Perhatikan apakah alamat ‘e-mail’ Anda terlihat cukup profesional di mata peusahaan. Ingat, Anda sedang melamar pekerjaan bukan ingin bersosialisasi. Biasanya, alamat e-mail yang berupa nama atau bagian nama Anda terlihat lebih serius daripada alamat e-mail dengan kata-kata lainnya. Misalnya: anita.yulia@yahoo.com lebih profesional daripada anitacelalusenyum@yahoo.com
Ada kalanya Anda perlu menjaga kerahasiaan usaha pencarian pekerjaan baru ini dari tempat kerja yang sekarang. Jika demikian, gunakanlah alamat e-mail pribadi Anda dan bukan alamat e-mail yang disediakan oleh perusahaan Anda yang sekarang.
Patuhi petunjuk/prosedurnya
Dalam iklan lowongan yang dipasang, ada kalanya perusahaan memberikan petunjuk bagi calon pelamar yang mengirimkan CV-nya. Misalnya, tidak boleh melampirkan dokumen atau hanya menerima lampiran dalam format tertentu atau harus menuliskan kode posisi yang dilamar sebagai subyek e-mail. Ada kalanya perusahaan meminta pelamar untuk mengunjungi ‘website’ mereka dan mengisi formulir lamaran di sana. Dokumen apa saja yang diminta oleh perusahaan tersebut? Luangkan waktu untuk membaca keseluruhan iklan lowongan dengan hati-hati agar Anda tahu persis keinginan perusahaan tersebut. Kegagalan Anda dalam mematuhi petunjuk yang diberikan bisa dianggap sebagai gambaran ketidakmampuan atau kecerobohan Anda. Perusahaan tentunya tidak akan mau menerima karyawan yang tidak mampu mengikuti petunjuk.
Kirim CV yang sesuai
Bila tidak ada petunjuk atau permintaan khusus dalam pengiriman lamaran, kirimlah ‘soft-copy’ CV anda dalam format ‘Word’ dengan ukuran dokumen yang tidak terlalu besar sehingga tidak membebani ‘server’ perusahaan penerima. Foto Anda sebaiknya sudah dimasukkan ke dalam dokumen CV sehingga tidak terlalu banyak dokumen yang harus Anda lampirkan dalam e-mail Anda. Surat lamaran berisi niatan Anda untuk bergabung di perusahaan tersebut dan ringkasan kualifikasi Anda boleh langsung dituliskan dalam badan e-mail Anda.
Bebas virus dan tanpa sandi (password)
Pastikan bahwa semua dokumen yang Anda kirim bebas virus dan tanpa sandi. Perusahaan penerima tidak akan mau mengambil risiko untuk membuka e-mail yang bervirus. Mereka pun tidak akan mau membuang waktu untuk memecahkan sandi Anda ataupun mengirimkan e-mail kepada Anda untuk menanyakan sandi pembuka dokumen Anda.
Terakhir kami berharap tulisan mengenai tips melamar pekerjaan secara online ini bermanfaat bagi pembaca sekalian, khususnya bagi pelamar kerja yang akan melamar kerja secara online. Untuk tambahan pengetahuan selain membaca tips melamar pekerjaan online ini silahkan baca Trik Rahasia Sukses Wawancara Kerja

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar